Hambat Kerutan dengan Tomat

Aug 25, 2018 | / Tips / Kecantikan |
Rate:
Dilihat 5588x
Tomat terkenal dengan kandungan zat yang disebut lycopene. Menurut penelitian, zat ini diyakini dapat mencegah kerut dan bintik hitam di kulit akibat sinar matahari. Penelitian lain mengatakan, 80 persen kerut di kulit manusia juga disebabkan sinar matahari. Nah, kita beruntung karena lycopene merupakan salah satu antioksidan paling ampuh untuk menolak akibat buruk dari sinar matahari. Lycopene pun dapat mengurangi proses penuaan dini yang diakibatkan paparan sinar matahari.

Anda dapat mengambil khasiat lycopene dengan menambahkan tomat ke dalam menu Anda. Misalnya spageti, pizza, sup tomat, atau lainnya. Jika memungkinkan, pilihlah tomat yang dimasak daripada mentah. Berbeda dengan sayuran lain, tomat justru bertambah kandungan zat baiknya setelah dimasak. Setelah dimasak, secara dramatis kandungan lycopene dalam tomat akan meningkat hingga empat kali lipat.

Cara lain untuk mendapatkan khasiat lycopene adalah dengan meminum satu gelas jus tomat setiap hari yang bisa dicampur dengan jeruk. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kebaikan lycopene sekaligus vitamin C. Kedua zat ini sama-sama antioksidan yang ampuh melawan penuaan dini. Atau, jika Anda tidak suka dengan tomat, Anda bisa meminum suplemen lycopene. Hanya, asupan lycopene lewat multivitamin harus diatur jumlahnya. Jadi Anda lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Lebih lanjut para ahli mengatakan bahwa lycopene tidak hanya baik untuk kecantikan. Menurut mereka, menambahkan tomat ke dalam menu makanan akan membantu memerangi penyakit jantung dan kanker. Luar biasa, bukan? Jadi jika ingin cantik, jangan malas makan tomat.
Tips Pilihan Lainnya: