Tips untuk bersihkan sayur dan buah secara alami

Sep 16, 2019 | / Tips / Umum |
Rate:
Dilihat 1018x
Anda tentu tahu bahwa mencuci buah atau sayur dengan air saja tak cukup untuk menghilangkan bahan kimia yang menempel pada mereka. Namun apakah cairan pencuci sayur kemasan aman digunakan?

Jika Anda sering was-was saat menggunakan cairan pembersih kemasan, kini Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mencuci sayur dan buah. Berikut adalah beberapa tips yang diberikan oleh Barefeet in the Kitchen untuk membersihkan buah dan sayur secara alami.

1. Pastikan tempat cuci piring Anda bersih. Jika tidak, gunakan mangkuk atau panci besar untuk mencuci buah dan sayur.

2. Masukkan buah atau sayur yang akan dicuci, kemudian tambahkan air dingin. Jangan memasukkan terlalu banyak buah atau sayur sehingga ada celah untuk membersihkan.

3. Tambahkan 1 - 2 cangkir cuka putih, kemudian diamkan hingga 10 - 15 menit. Setelah itu, cuci sayur dan buah hingga bersih.

Cara ini bisa digunakan untuk semua jenis sayur dan buah. Jika Anda membilasnya dengan bersih, tak akan ada rasa cuka yang tersisa. Ketika membersihkan buah, Anda bisa menggosok-gosoknya pelan dengan tangan.

Untuk sayuran hijau seperti selada, biasanya hanya direndam selama satu sampai dua menit, kemudian dibilas. Setelah dicuci, sebaiknya Anda mengeringkannya, karena jika dibiarkan basah, selada akan cepat membusuk. Angin-anginkan selada hingga agak kering sebelum menyimpannya.

Sementara bagi buah yang agak lembut seperti buah strawberry atau berry yang lain, gunakan satu cangkir cuka, kemudian putar-putar dalam air dan jangan digosok. Rendam selama lima menit, kemudian keringkan air. Setelah itu, bilas satu per satu.

Selain menghilangkan bakteri, lilin, dan pestisida yang ada pada kulit buah dan sayur, cuka juga membantu buah berry tahan lebih lama. Keringkan terlebih dulu buah berry sebelum menyimpannya.

Anda juga bisa membersihkan buah dan sayur dengan semprotan. Campurkan tiga bagian air dan satu bagian cuka. Setelah itu semprotkan pada buah dan sayur, dan bilas sampai bersih. Selamat mencoba!
Tips Pilihan Lainnya: