Rate:
Apr 18, 2019 831
Meski sikat gigi sudah menjadi kegiatan rutin setiap hari, ternyata kesalahan masih kerap terjadi, terutama dalam cara menyikat gigi. Menyikat gigi terlalu keras sering dilakukan dengan harapan gigi menjadi lebih cepat putih. Padahal tindakan itu justru membuat gigi sensitif. Gigi sensitif merupakan kondisi yang disebabkan iritasi pada saraf di gigi. Penderita gigi sensitif umumnya mengeluh gigi terasa ngilu bila minum air dingin, ketika mengunyah makanan atau terhadap rasa asam atau manis. Kondisi gigi sensitif dialami oleh banyak orang. Di Amerika Serikat saja diperkirakan 40 juta orang dewasa menderita gigi sensitif. Menurut survei yang dilakukan perhimpunan dokter gigi di AS, penyebab utama gigi sensitif adalah menyikat gigi terlalu keras serta konsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam. Van B.Hayward, DMB, profesor dari departemen rehabilitasi mulut di School of Denstistry mengatakan, tekanan yang berlebihan saat menggosok gigi serta konsumsi makanan dan minuman asam akan menyebabkan gusi menurun dari leher gigi, lama kelamaan email gigi pun akan berkurang ketebalannya. "Saat lapisan pelindung email gigi atau gusi terkikis, lapisan tipis di gigi yang disebut dentin akan lebih mudah terpapar. Dentin ini menghubungkan bagian saraf pusat gigi. Jika tak terlindungi, saraf pusat menjadi lebih rentan pada sensasi tertentu, seperti rasa sakit. Akar gigi yang tidak dilapisi email akan membuat gigi terasa ngilu saat minum atau makanan dingin, "papar Hayward. Selain cara menyikat, pemilihan sikat gigi yang salah, penggunaan produk pemutih gigi, gigi yang berlubang juga bisa menyebabkan email gigi tergerus dan gigi sensitif. Untuk mencegah terjadinya gigi sensitif, sangat dianjurkan untuk memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut serta mengurangi tekanan berlebih saat menyikat gigi. Selain itu, kondisi bulu sikat juga harus diperhatikan. Gantilah sikat gigi yang bulu sikatnya sudah mekar atau tidak beraturan. Selain tidak bisa membersihkan gigi secara optimal, bulu sikat ini juga bisa melukai gusi.
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 2067
Meski kita tahu bahwa sisa makanan yang menempel di gigi bisa memicu bakteri namun bukan berarti setiap habis makan kita harus segera menyikat gigi. Kapan perlu menyikat gigi hal itu sangat tergantung pada apa yang baru kita makan atau minum. Setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kandungan asamnya, seperti kopi, buah yang rasanya asam, atau softdrink sebaiknya Anda berkumur dulu untuk menetralisir kadar asam. Tunggulah sampai satu jam sebelum menyikat gigi. "Jika langsung menyikat gigi setelah minum minuman berkarbonasi atau makanan yang asam, gigi bisa erosi," kata Meinecke, juru bicara Academy of General Dentistry. Sementara itu menyikat gigi dianjurkan 20 menit setelah makan karena pada saat ini tingkat keasaman ludah sudah kembali normal. Ketika makan, pH akan turun dari yang normalnya 6,8 menjadi 4. Namun, secara perlahan-lahan, pH-nya akan naik kembali dalam waktu sekitar 20 menit. Jika terburu-buru menyikat gigi struktur saliva akan rusak, padahal salah satu fungsi air ludah adalah penyeimbang dan membantu proses pencernaan.
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 1786
Mulut kering, walau terkadang dialami, jangan disepelekan. Karena mulut yang terus menerus kering dapat memengaruhi rasa makanan kita, bahkan kesehatan gigi. Mulut kering bisa disebabkan oleh berbagai hal, tapi terutama adalah stres atau efek samping obat-obatan yang membuat produksi air liur berkurang. Jika terjadi sesekali ini merupakan hal yang wajar, yang perlu diwaspadai adalah mulut kering yang terjadi terus menerus karena produksi air lidah berkurang. Setiap hari, orang dewasa sehat menghasilkan kira-kira 1,5 liter air ludah. Bila produksinya sangat sedikit bisa berakibat mulut kering (xerostomia). Air ludah di dalam mulut mempunyai berbagai fungsi. Yang paling jelas, ludah membuat berbicara menjadi mudah. Selain itu juga membantu memproses makanan, mempermudah proses menelan dan membantu pencernaan. Mineral yang terkandung dalam air liur juga membantu memperbaiki gigi berlubang pada fase awal dan juga mencegah gigi berlubang dengan cara membersihkan sisa makanan dan plak, menghambat pertumbuhan bakteri serta menetralkan asam perusak di dalam mulut. Langkah pertama untuk mengatasi mulut kering adalah mengonsumsi cukup air. Imbangi dengan higienitas mulut dengan cara menyikat gigi, flossing serta berkumur dengan obat kumur anti bakteri. Perhatikan juga efek samping obat yang sedang diminum. Kebiasaan bernapas dari mulut juga bisa menyebabkan mulut kering. Jika gejala mulut kering terus berlanjut, konsultasikan pada dokter gigi. Kelainan kelenjar ludah, kerusakan saraf pada cedera kepala, stroke serta penyakit Alzheimer juga bisa menyebabkan mulut kering.
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 2641
Minyak kelapa ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk memasak tapi juga melindungi kesehatan gigi. Bahan aktif dalam minyak kelapa diketahui mampu melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Gigi berlubang (karies) terjadi karena beberapa faktor, yaitu pertumbuhan bakteri, gula dalam makanan, dan permukaan gigi yang rentan. Bakteri Streptokokus mutan (bakteri yang menjadikan gula di mulut sebagai makanannya) akan mengubah gula yang menempel menjadi asam. Nah, ketika minyak kelapa bersenyawa dengan enzim pencernaan bersenyawa, akan dihasilkan pembunuh bakteri yang kuat. Karena itu para ahli kini berusaha mengembangkan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung kelapa sebagai bahan aktifnya. "Menggabungkan enzim minyak kelapa yang dimodifikasi menjadi produk perawatan gigi merupakan hal menarik sebagai alternatif zat kimia tambahan. Apalagi karena enzim tersebut bekerja dalam konsentrasi yang rendah," kata Dr.Damien Brady, dari Athlone Institute of Technology, Irlandia. Ia menambahkan, hasil penelitian ini menjadi penting karena kini semakin banyak masalah bakteri yang kebal obat karena penggunaan antibiotik yang berlebihan. Penelitian yang dilakukan Brady terinspriasi dari penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa sebagian susu yang dicerna membuat S.mutan lebih sedikit yang menempel ke enamel gigi. "Produksi pencernaan manusia ternyata menunjukkan aktivitas antimikroba," katanya. Hal itu juga menunjukkan bahwa koloni bakteri dalam permukaan sel saluran cerna bermanfaat untuk kesehatan usus.
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 3466
Banyak di antara Anda menganggap masalah gigi berlubang sebagai hal sepele. Anda kerap mengabaikan kondisi tersebut hingga suatu hari muncul keluhan gigi terasa begitu menyakitkan. Faktanya, kesehatan gigi memegang peranan penting sebagai salah satu gerbang kesehatan tubuh. Seperti disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Zaura Rini Anggraeni, kondisi gigi yang sehat dapat mencegah dan menghindari ancaman risiko infeksi. Sebaliknya, gigi yang berlubang berpotensi menyebabkan penyakit kronis dalam tubuh seperti infeksi pada ginjal, penyakit jantung, kelahiran prematur, radang sendi, hingga pra-kanker. "Gigi berlubang harus mendapat perawatan. Karena jika terus dibiarkan akan menyebabkan infeksi. Infeksi ini menjadi faktor risiko bagi banyak gangguan kesehatan yang sistemik dan kronis seperti inflamasi katup jantung, radang sendi, alergi, kelahiran prematur sampai kanker," katanya dalam acara konferensi pere 'Bulan Kesehatan Gigi Nasional tahun 2012' di Jakarta, Rabu (5/9/2012). Rini juga mengatakan mengutip data badan kesehatan WHO Oral Health Media Centre, April 2012, yang memperlihatkan sebanyak 60-90 persen anak usia sekolah dan hampir semua orang dewasa di seluruh dunia memiliki permasalahan gigi. Dari data ini, hampir semua orang mengalami gigi berlubang rata-rata dua gigi. Semakin seseorang bertambah umur maka semakin banyak pula jumlah gigi berlubangnya. Dalam lingkup nasional, kesehatan gigi orang Indonesia memperlihatkan 70 - 80 persen masyarakat mengalami gigi berlubang. Rini menjelaskan, bakteri pada gigi yang berlubang yakni Streptococcus dapat dengan mudah mengikuti aliran darah dan berhenti di organ tubuh yang susunannya cocok. Bakteri bisa berhenti di jantung, ginjal, atau paru-paru. Ketika berhenti di organ tubuh yang disuka, metabolisme bakteri Streptococcus akan mengeluarkan racun yang menyebabkan peradangan. Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Prof. Eky S Soemantri, dalam kesempatan tersebut menambahkan, infeksi gigi berlubang dapat memperburuk kondisi kesehatan ibu hamil. Gigi berlubang bisa memicu kelahiran prematur, kontraksi dini dan bayi terlahir dengan berat badan rendah. "Gangguan pada mulut ini mengakibatkan asupan makanan ibu hamil tidak baik. Suplai makanan yang tidak baik ini berpengaruh pada bayinya. Apalagi kalau di dalam mulut terjadi gigi yang infeksi, maka anaknya pun bisa kena. Kesimpulan ini didapatkan dari penelitian baik di Indonesia maupun dari luar," ujarnya.
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 3922
Apakah selama ini Anda terbiasa mengunyah makanan hanya satu sisi mulut saja? Jika benar, ada baiknya Anda mulai membiasakan melatih sisi mulut yang kurang aktif mengunyah. Apabila sisi kanan dan kiri mulut berperan tidak seimbang, hal itu berpotensi menyebabkan sakit kepala sebelah atau migrain. "Mengunyah makanan dengan satu sisi mulut menyebabkan otot tebal dan kuat hanya di satu sisi tersebut. Otot muka di sisi kanan dan kiri menjadi asimetris," kata pakar ortodonti yang juga Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Prof. Eky S Soemantri, ketika ditemui di Jakarta, Rabu (5/9/2012). Eky menambahkan, otot muka asimetris mengakibatkan gangguan sendi otot atau disebut temporo mandibular joint. Gangguan sendi otot ini dapat menyebabkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah. Mengunyah makanan dengan dua sisi mulut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Eky menjelaskan, mengunyah sendiri memiliki sifat self cleansing. Kunyahan akan memproduksi air liur pada mulut. Air liur ini secara alamiah akan melawan kuman yang ada di mulut. "Bila hanya mengunyah di satu sisi saja maka yang akan bersih satu sisi tersebut. Sedangkan sisi yang lain beresiko lebih banyak timbul plak atau karang gigi," Di samping itu, Eky mengingatkan agar saat mengunyah makanan juga harus baik. Jika kunyahan kurang halus maka akan memperberat kerja pencernaan. Lambung yang bekerja terlalu berat akan mengeluarkan enzim yang bersifat asam. Keasaman ini lama-kelamaan dapat menggerogoti lambung dan menyebabkan penyakit maag karena fungsi penyerapan di lambung berkurang.
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 3213
Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, sikat gigi sebaiknya dilakukan minimal dua kali sehari pada saat pagi sesudah makan dan sebelum tidur. Banyak orang tidak merasa malas ketika melakukan kebiasaan menyikat gigi di pagi hari. Namun, berbeda saat malam hari, orang cenderung malas untuk menggosok gigi sebelum pergi ke tempat tidur. Padahal, menurut, Ketua Umum PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Zaura Rini Anggraeni, menyikat gigi di malam hari sebelum tidur sangatlah penting. Perkembangbiakan kuman meningkat dua kali lebih tinggi pada malam hari. "Kuman akan mengeluarkan asam di malam hari lebih banyak. Kuman beraksi lebih tinggi karena air liur saat malam berkurang," ujarnya dalam konferensi pers "Bulan Kesehatan Gigi Nasional tahun 2012" di Jakarta, Rabu (5/9/2012). Sering absen menyikat gigi baik pada pagi maupun malam hari dapat mempermudah terciptanya infeksi dan gigi berlubang. Berdasarkan penelitian, penyebab infeksi pada gigi serupa dengan bakteri penyebab infeksi katup jantung. Gigi yang infeksi akan mengeluarkan gas, dan apabila terus didiamkan bakteri yang berada di dalamnya yakni Streptococcus, akan bergerak mengikuti aliran darah. Bakteri ini akan berhenti di daerah yang disuka pada organ tubuh, misalnya pada jantung, ginjal atau paru-paru. Selain menyikat gigi, kesehatan gigi ditentukan pula dari asupan makanan yang masuk ke tubuh. Menurut Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Prof Eky S. Soria Soemantri, makanan terlalu manis banyak mengandung gula yang memicu terbentuknya karang gigi. "Karang gigi bisa menyebabkan gigi berlubang karena itu perlu dibersihkan. Ada karang gigi yang bisa hilang dengan cara cukup disikat saja. Tapi, karang yang sulit dapat dibersihkan oleh dokter gigi," ujarnya. Oleh karena itu, menurut Eky, kunjungan rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi adalah penting. Pemeriksaan ini dapat mencegah, mendeteksi secara dini bila gigi ada kelainan. Anjuran pemeriksaan ini merupakan anjuran umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dimana dokter dapat membantu mendeteksi kondisi gigi pasiennya. "Cek ke dokter belum tentu harus dirawat. Pemeriksaan itu dimaksudkan untuk mendeteksi apakah gigi pasien ada yang salah sehingga mudah segera diatasi," ujarnya.
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 927
Air adalah unsur penting dalam kehidupan manusia. Manusia membutuhkan air bukan hanya untuk minum dan membersihkan badan, tetapi juga untuk kesehatan dan kekuatan tubuh. Air merupakan bahan utama yang mengatur sistem tubuh. Tidak kurang dari 80 persen komponen tubuh terdiri dari air yang memegang peranan penting dalam metabolism, transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral, melancarkan proses pencernaan, mengatur suhu tubuh, melindungi dan melumasi gerakan sendi dan otot Mengingat pentingnya air dalam kehidupan, maka kandungan dalam air perlu diperhatikan untuk membuat tubuh tetap sehat. Air dalam kondisi tertentu bisa jadi berbahaya karena memiliki kandungan nitrit tinggi. Selain itu air dengan kondisi tertentu juga sering kali mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Berikut adalah kondisi air yang sebaiknya tidak diminum: -Air yang sudah disimpan lama. Air yang sudah lama disimpan tanpa diminum akan menyebabkan gangguan kesehatan karena mengandung zat yang bersifat toksik. Zat ini dapat mengganggu metabolisme tubuh sehingga dapat memperlambat pertumbuhan bagi anak dalam masa pertumbuhan. Sedangkan pada orang dewasa dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan dan lambung. -Air yang tidak dimasak Air yang tidak dimasak memiliki kecenderungan mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu air dengan kondisi seperti ini jika berasal dari ledeng memiliki kandungan klorin yang cukup tinggi akibat proses pemurnian. Pemasakan air hingga suhu mendidih yaitu 100 derajat Celcius dapat menghilangkan zat ini karena adanya penguapan. -Air yang dibiarkan mendidih terlalu lama Air dengan kondisi seperti ini memiliki kandungan logam berat dan nitrit yang tinggi. Mengonsumsi air dengan kondisi ini dalam jangka waktu lama dapat mengganggu fungsi lambung dan usus. Kandungan nitrit yang tinggi pada air dapat membuat tubuh kekurangan oksigen. -Air yang dimasak kembali Air seringkali dimasak kembali untuk tujuan membuatnya hangat. Namun, ini justru membuat kadar nitrit meningkat karena adanya penguapan kembali. Penumpukan nitrit di dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan. -Air sisa mengkukus Air yang sudah digunakan untuk mengkukus memiliki kandungan nitrit yang tinggi, selain itu air ini dapat mengandung kerak yang dapat mengakibatkan perubahan patologis pada sistem pencernaan, saraf, saluran kemih dan pembuatan darah, bahkan mengakibatkan penuaan dini.
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 2502
Home » Kesehatan » Cara Memutihkan Kulit Wajah dan Badan Cara Memutihkan Kulit Wajah dan Badan Sabtu, 16 Maret 2013 Cara Memutihkan Kulit - Memiliki kulit yang putih memang menjadi dambaan bagi pria ataupun wanita. Mayoritas penduduk kita memang memiliki kulit sawo matang, ada beberapa keturunan dari suku tertentu juga yang memiliki kulit hitam. Banyak cara sebenarnya untuk memutihkan kulit, terutama kulit wajah. Mulai dari bahan alami, alat kosmetik, obat-obat herbal, sampai dengan operasi demi mendapatkan kulit yang di inginkan. Mulai dari harga yang murah sampai dengan harga yang selangit. cara memutihkan kulit wajah badan Anda yang berkulit gelap, sebenarnya juga bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih cerah, bersih, dan sehat, meskipun tak lantas menjadi putih. Sedangkan untuk Anda yang sudah berkulit putih atau kuning langsat namun tak sempat merawat wajah karena kesibukan, ada cara yang mudah untuk mencerahkan kulit wajah Anda secara alami. Berikut beberapa di antaranya. 10 Cara Alami Memutihkan Kulit Badan dan Wajah 1. Lada Manis (Paprika) Paprika adalah salah satu bahan alami yang bagus untuk facial wajah Anda, dengan membuat masker dari olahan paprika Anda bisa memutihkan wajah Anda, dimana masker paprika ini bisa meningkatkan sirkulasi aliran darah di dalam wajah. Anda bisa menghancurkan (mem-blender) paprika merah atau hijau untuk menghasilkan pasta atau krim sebagai masker wajah. Oleskan pada wajah Anda dan kemudian biarkan selama lima belas menit, kemudian bersihkan wajah Anda dengan air dingin. Dengan krim alami ini sel-sel kulit wajah Anda dapat lebih sehat dan pastinya wajah putih alami bisa Anda dapatkan. 2. Yogurt Yogurt ternyata bisa memberikan kelambapan untuk kulit wajah Anda. Dengan mencampur sedikit madu dan kemudian oleskan pada kulit wajah Anda, biarkan selama 10 menit kemudian bisa dibersihkan dengan air. Masker berbahan yogurt ini bisa menghaluskan kulit wajah Anda, pastinya kulit wajah putih nan halus adalah dambaan semua orang. 3. Chamomile Chamomile memang biasa dijadikan teh. Namun bunga ini bisa berfungsi sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah. Chamomile juga memiliki banyak kandungan untuk mengatasi mata yang bengkak. Anda hanya perlu mencelupkan kantong teh ke dalam air panas, dan biarkan sampai dingin. Kemudian, tempelkan kantong teh pada mata. Lakukan hal ini selama dua minggu untuk melihat hasilnya. 5. Susu Anda pasti sudah mendengar tentang manfaat mandi susu. Tetapi bila mandi susu dirasa terlalu repot, cukup gunakan susu untuk membasuh muka. Susu memiliki banyak bahan yang dapat mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah, dan meningkatkan warna kulit dengan cara yang sempurna. Tuang beberapa tetes susu pada kain pencuci muka, lalu gunakan kain tersebut untuk menggosok wajah dengan lembut. Susu akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menutup wajah, dan memberikan warna yang baru. 6. Minyak alpukat Banyak perempuan yang malas membersihkan wajah sebelum tidur, karena merasa sudah begitu lelah. Nah, minyak alpukat dapat membantu Anda yang tak sempat mencuci muka sebelum tidur. Minyak alpukat ini secara efektif membantu menghilangkan sisa-sisa riasan wajah. Setelah menghapus sisa make-up, gunakan tisu untuk menyerap kelebihan minyak yang tertinggal di wajah. 7. Jeruk nipis dan putih telur Putih telur sering disebut mampu mengencangkan kulit wajah. Untuk memperbaiki warna kulit, campurkan perasan jeruk nipis dengan putih telur. Gunakan bahan ini sebagai masker wajah. Oleskan masker jeruk dan putih telur ini ke wajah, lalu biarkan mengering sendiri. Setelah 5 10 menit, basuh muka Anda dengan air dingin. Hasilnya bisa Anda lihat setelah rutin melakukan hal ini paling tidak seminggu. 8. Almond Almond dapat membantu mengurangi kegelapan warna kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih terang. Cara praktis dan alami untuk menggunakan almon untuk memutihkan kulit adalah dengan mencampurkan almon dengan susu dan sedikit kunyit. Caranya, pada pagi hari, rendam 4-5 biji almond dan satu ruas kunyit dalam susu cair. Pada malam harinya, keluarkan kunyit, lalu haluskan almon dalam susu tersebut hingga terbentuk pasta. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher dan biarkan semalaman. Setelah itu, pada pagi harinya bilas dengan air dingin dan bersihkan. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini 2 minggu sekali. 8. Tomat Tomat kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk memutihkan kulit. Banyak kosmetik pencerah kulit yang memakai ekstrak tomat sebagai bahan aktifnya. Nah, jika Anda ingin memakai tomat segar sebagai pemutih kulit, ambil tomat berukuran besar lalu parut. Tambahkan 2-3 tetes air perasan lemon dan beberapa tetes air mawar, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah dan leher dengan kuas, diamkan selama 15 menit,lalu bilas. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali. 9. Pepaya Pepaya yang berwarna hijau atau oranye dapat berkhasiat mencerahkan kulit. Pepaya hijau mengandung enzim papain yang ideal untuk memutihkan kulit. Caranya, ambil satu sendok makan pepaya hijau (pepaya yang masih mangkal) yang telah dihaluskan, dan satu sendok makan pepaya masak, campurkan. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang optimal. 10. Kentang Kentang ternyata dapat bermanfaat untuk memutihkan kulit, lho. Jus kentang dapat digunakan sebagai pemutih alami bagi kulit kita. Caranya, parut satu buah kentang dan tambahkan satu sendok teh madu, campur lalu oleskan pada kulit wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air. Ramuan ini cocok untuk semua jenis kulit.
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 5015
1. Pengelupasan Kulit hitam didaerah ketiak dapat jadi merupakan kumpulan sel kulit mati. Untuk itu, yang anda bisa lakukan yaitu membuang semua sel kulit mati tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Sudah banyak beberapa produk kecantikan menyediakan khusus kulit ketiak yang anda pakai. Secara alami, pengelupasan juga dapat dilakukan dengan menggosoknya, agar memancing sel-sel kulit membentuk lapisan baru yang telah rusak. 2. Memilih Pisau Cukur Bisa disebabkan karena bulu-bulu ketiak yang tidak tercukur dengan sempurna akan menghambat pori-pori dan membuat kulit disekitarnya menghitam. Untuk menghindarinya, pilihlah pisau cukur yang berkualitas. Jangan pernah menggunakan pisau tumpul saat mencukur bulu ketiak. Cara waxing juga bisa menjadi alternatif yang baik, karena metode ini dapat mencabut bulu ketiak hingga ke akar, sehingga tidak tertinggal di kulit ketiak anda. 3. Deodorant Salah memilih deodorant juga bisa menjadi penyebab menghitamnya kulit disekitar ketiak. Mungkin kandungan di dalamnya tidak sesuai dengan kulit anda sehingga membuatnya menjadi hitam. Dari pada berisiko, anda dapat juga mencegah bau ketiak dengan deodorant alami setelah mandi, memakai baking soda di ketiak anda. Baking soda juga dapat bisa membunuh bakteri penyebab bau yang tidak sedap di ketiak. 4. Memutihkan Kulit Sudah berapa banyak produk kecantikan dan juga mengeluarkan produk pemutih khusus kulit ketiak. Sebagai salah satu solusi yang mungkin bisa Anda coba. Pakailah perasan jeruk lemon di ketiak anda setiap mandi. Perasan jeruk lemon adalah bahan pemutih kulit yang alami.
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 3851
Bagaimana cara mengecilkan perut yang buncit? Apakah ada tips mengecilkan perut secara alami? Memiliki perut gendut memang bukan hal yang patut dibanggakan. Selain tak sedap dipandang, kondisi ini juga bisa merusak penampilan. Timbunan lemak yang berlebihan di bagian perut nyatanya bisa menghambat fungsi hati sebagai penyaring racun dalam darah. Dengan kondisi ini membuat sistem sirkulasi tubuh tidak berjalan normal dan menjadi pemicu timbulnya berbagai masalah kesehatan, seperti kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Sebagian besar perut menggelembung alias buncit disebabkan oleh faktor dasar yaitu diet dan gaya hidup. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan perut buncit baik pada pria maupun wanita : 1. Minum air Jika kepenuhan perut disebabkan oleh penyimpanan air, Anda sebenarnya dapat mengurangi masalah tersebut dengan minum air lebih banyak. Hal ini akan mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah air yang keluar dari sistem. Minum lebih banyak air juga menjamin fungsi empedu efektif untuk mengeluarkan produk sampah. Jangan merubah konsumsi air saat diet karena banyak bahan yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut menggelembung. 2. Makan perlahan-lahan Hindari makan cepat, karena ketika Anda menelan terlalu cepat, setidaknya udara tertahan dalam usus dan membentuk gas yang dapat memicu penggelembungan perut. Selalu duduk saat makan dan kunyah makan secara perlahan-lahan. Makanan yang tidak terkunyah menjadi bagian-bagian kecil tidak dapat dicerna dengan sempurna yang kemudian menghasilkan banyak gas yang menimbulkan penggelembungan. 3. Mengurangi konsumsi garam Terlalu banyak garam dalam diet menambah ektra sodium terhadap cairan tubuh yang memperlambat mekanisme sehingga mendorong air keluar dari sel. Akibatnya perut terasa penuh dan menggelembung. 4. Konsumsi serat yang tepat Serat adalah elemen penting dalam diet, tetapi untuk mengimbangi penyimpanan air yang menyebabkan penggelembungan, makanlah serat dalam buah-buahan seperti apel dan pear yang memiliki banyak kandungan air. 5. Awasi pengobatan Perut yang mengembang adalah efek samping dari konsumsi obat. Aspirin kadang-kadang menyebabkan masalah perut yang memicu sembelit dan penggelembungan, termasuk pil kontrasepsi. 6. Hindari sembelit Sembelit didefinisikan sebagai memiliki lebih sedikit dari tiga kali buang air besar dalam seminggu atau jika terlibat ketegangan. Sebagai akibat perut terasa menambah besar. Untuk merangsang isi perut, tingkatkan konsumsi serat dari buah-buahan dan sayuran, lakukan secara gradual untuk menghindari fermentasi dan produksi gas yang berlebihan. 7. Olahraga Olahraga memang salah satu cara yang wajib ditempuh untuk menghilangkan si perut buncit. Olahraga akan membantu menggerakkan cairan dalam perut yang dapat menyebabkan perut besar dengan mendorongnya keluar dari jaringan dan masuk aliran darah dimana akan dilkeluarkan sebagai keringat atau dibawa ke empedu untuk dikeluarkan sebagai urine. Olahraga yang disarankan antara lain aerobik. Itulah beberapa tips mengatasi perut buncit yang bisa anda lakukan, sekalian baca juga cara mengatasi ejakulasi dini secara alami. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengecilkan perut Anda! [@ dikutip dari berbagai sumber] 7 Gerakan Senam Mengecilkan Perut Buncit Berikut ini adalah tujuh gerakan senam untuk mengecilkan perut buncit, menurunkan berat badan dan membentuk postur tubuh menarik. 1. SIT UP : Posisi duduk di lantai atau di atas papan sit up dengan menekuk kedua lutut, kedua tangan berada di samping kepala. Gerakannya : turun hingga 90 – 115 derajat ke bawah dan kembali ke posisi semula berulang-ulang. Manfaatnya untuk perut bagian atas. Anatomi dan Posisi Sit Up 2. SIT UP TWIST : Posisinya sama dengan Sit up (1) tetapi pada saat naik, tubuh diputar sejauh mungkin dan dilakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk bagian perut samping. Posisi dan Anatomi Twisted Sit Up 3. CRUNCHERS : Posisi duduk di atas bangku, kedua tangan memegang sisi bangku, kedua kaki diluruskan ke depan dengan posisi lutut ditekuk sedikit. Gerakannya : Angkat kedua kaki bersamaan dengan badan ke arah atas dengan keduanya saling bertemu sedapat mungkin. kembali ke posisi semula, lakukan berulang-ulang. 4. KNEE UP : Posisi tidur telantang di lantai (di bangku). Kedua tangan berada di belakang badan (pantat). Gerakannya : Angakat kedua kaki ke atas arah dengan sedikit menekuk lutut. Lalu kembali ke posisi semula, lakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk perut bagian bawah. 5. BACK UP : Posisi telungkup di lantai atau di atas bangku. Dengan kedua tangan berada di samping kepala. Gerakannya : Ankat bagian badan atas ke arah belakang dengan gerakan datar dengan lantai. Lalu kembali ke posisi semula, lakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk punggung bagian bawah. 6. SIDE BEND : Posisi berdiri, kaki dibuka selebar bahu dengan lutut ditekuk sedikit. Kedua tangan memegang dumbbell masing-masing seberat 4 kg. Gerakannya : Miring sejauh mungkin kekanan dan kekiri dilakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk tubuh bagian samping 7. TWISTING : Posisi kedua tangan memegang tongkat sepanjang 2,5 M. posisi berdiri kedua kaki dibuka 2 kali selebar bahu, dengan menekuk sedikit kedua lutut. Gerakannya : Putar kearah kanan dan kiri sejauh mungkin berulang-ulang dengan 15 kali hitungan dan lakukan 3-4 set. Gerakan 1 hingga 7 ini masing-masing dilakukan secara berulang-ulang hitungan 15 kali dan dilakukan 3-4 set. Namun karena saya pribadi agak malas (atau gak kuat gerakan yang lain) jadi saya hanya melakukan 3 gerakan pertama saja sesuai dengan Abdominal Exercises Pada Body Building, seharusnya akan jadi 6pack.. tapi karena saya orangnya gak serakah akhirnya saya ambil 1 aja, maka jadilah 1pack doang
Selengkapnya
Rate:
Apr 18, 2019 2382
Berikut ini adalah tujuh gerakan senam untuk mengecilkan perut buncit, menurunkan berat badan dan membentuk postur tubuh menarik. 1. SIT UP : Posisi duduk di lantai atau di atas papan sit up dengan menekuk kedua lutut, kedua tangan berada di samping kepala. Gerakannya : turun hingga 90 – 115 derajat ke bawah dan kembali ke posisi semula berulang-ulang. Manfaatnya untuk perut bagian atas. 2. SIT UP TWIST : Posisinya sama dengan Sit up (1) tetapi pada saat naik, tubuh diputar sejauh mungkin dan dilakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk bagian perut samping. 3. CRUNCHERS : Posisi duduk di atas bangku, kedua tangan memegang sisi bangku, kedua kaki diluruskan ke depan dengan posisi lutut ditekuk sedikit. Gerakannya : Angkat kedua kaki bersamaan dengan badan ke arah atas dengan keduanya saling bertemu sedapat mungkin. kembali ke posisi semula, lakukan berulang-ulang. 4. KNEE UP : Posisi tidur telantang di lantai (di bangku). Kedua tangan berada di belakang badan (pantat). Gerakannya : Angakat kedua kaki ke atas arah dengan sedikit menekuk lutut. Lalu kembali ke posisi semula, lakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk perut bagian bawah. 5. BACK UP : Posisi telungkup di lantai atau di atas bangku. Dengan kedua tangan berada di samping kepala. Gerakannya : Ankat bagian badan atas ke arah belakang dengan gerakan datar dengan lantai. Lalu kembali ke posisi semula, lakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk punggung bagian bawah. 6. SIDE BEND : Posisi berdiri, kaki dibuka selebar bahu dengan lutut ditekuk sedikit. Kedua tangan memegang dumbbell masing-masing seberat 4 kg. Gerakannya : Miring sejauh mungkin kekanan dan kekiri dilakukan berulang-ulang. Manfaatnya untuk tubuh bagian samping. 7. TWISTING : Posisi kedua tangan memegang tongkat sepanjang 2,5 M. posisi berdiri kedua kaki dibuka 2 kali selebar bahu, dengan menekuk sedikit kedua lutut. Gerakannya : Putar kearah kanan dan kiri sejauh mungkin berulang-ulang dengan 15 kali hitungan dan lakukan 3-4 set.
Selengkapnya