Cara Aman Berkendara di Musim Hujan

Nov 04, 2019 | / Tips / Berkendara |
Rate:
Dilihat 783x
Di musim penghujan seperti saat ini sudah selayaknya kita lebih berhati-hati. Karena cuaca yang demikian jika tidak diantisipasi akan membuat kita kesulitan dalam beraktifitas sehari-hari. Tentunya Kawan Kapsul tidak ingin kegiatan sehari-hari berantakan hanya karena cuaca hujan. Nah, berikut ini adalah cara aman berkendara di musim hujan:

Membawa perlengkapan hujan

Meskipun menggunakan mobil, payung adalah perlengkapan wajib yang harus Kawan Kapsul bawa ketika musim hujan. Bawalah selalu payung yang bisa dilipat dan dimasukan ke dalam tas. jika hujan tiba-tiba datang sudah ada payung yang bisa digunakan untuk menutupi kepala dari guyuran air hujan.

Lebih waspada

Ketika hujan sangat lebat saat Kawan Kapsul berkendara baik dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil sebaiknya segera menepi untuk menghindari resiko kecelakaan.Hujan lebat akan membuat pandangan kita menjadi kabur. Angin yang kencang juga akan membuat kita sulit untuk mengendalikan sepeda motor. Dan tentunya cari tempat aman untuk berteduh. Jangan menepi di dekat pohon besar atau spanduk besar.

Perhatikan lokasi parkir

Meskipun kondisi tidak sedang hujan, sebaiknya kawan kapsul jangan memarkirkan kedaraan di dekat pohon besar. Karena dikhawatikan pohon tersebut akan tumbang ketika di terpa hujan lebat dan akan menimpa kendaraan yang Kawan Kapsul parkirkan.

Hindari jalan berlubang

Sebaiknya kawan Kapsul menghindari jalan yang berlubang yang tergenang airnya. karena kita tidak tahu kedalaman lubang yang tergenang tersebut. jika lubangnya dalam maka kita akan sulit mengendalikan motor. maka resiko kecelakaan akan semakin besar.

Fokus

Sebaiknya Kawan Kapsul selalu fokus dalam berkendara, menjaga kondisi badan dan harus mengendalikan emosi, karena banyaknya kecelakaan yang terjadi diakibatkan kita tidak sabar dalam berkendara, seperti melanggar rambu-rambu lalu lintas yang mengakibatkan kecelakaan.

Jas hujan

Jika menggunakan sepeda motor sebaiknya selalu hati-hati dan waspada, seperti selalu membawa jas hujan. Dan usahakan menggunakan jas hujan yang berbentuk baju. Karena jas hujan ini lebih aman untuk para pemakai sepeda motortidak terlalu sulit membelah angin. Berbeda dengan jas hujan model ponco yang akan sulit membelah angin sehingga motor berat ketika melaju, Selain itu juga rawan masuk ke gir rantai atau jeruji dibagian belakangnya, dan sangatlah bebahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan
Tips Pilihan Lainnya: