Seputar Batik dan Perawatannya

Nov 04, 2019 | / Tips / Umum |
Rate:
Dilihat 716x
Batik adalah warisan nenek moyang kita, dari sabang sampai merauke tersebar beragam motif batik. Dan hal tersebut mendorong kaum muda Indonesia untuk membuat batik menjadi lebih modis, mulai dari blus batik sampai terusan. Karena kreatifitas tersebutlah kini batik menjadi tren baru dalam dunia fashion, hal itu telah dibuktikan lewat pameran-pameran dan koleksi baju batik. Dengan harga yang beragam dari yang murah sampai yang paling mahal.

Jika Indonesia di juluki surganya batik sepertinya memang tidak berlebihan. Mari kita teliti, bahwa hampir semua daerah di Indonesia memiliki corak batik masing-masing. Berbagai macam keindahan motif batik tersebut akan membuat kita takjub bahwa ternyata bangsa kita merupakan bangsa yang besar dengan segala keragaman budaya dan seninya. Teknis dalam pembuatan batik tradisional pun akan mencengangkan kita, bagaimana tidak bahwa pada zaman dahulu kain batik tersebut dibuat dengan tangan. Sungguh mahakarya leluhur yang sudah sepatutnya kita jaga kelestariannya.

Untuk masalah tren berbusana batik pun kini kaum muda sudah tidak malu menggunakan pakaian dengan motif batik. Paradigma bahwa batik adalah pakaian orang tua dan orang kampungan pun kini sudah bergeser. Kini anak muda Indonesia tidak malu menggunakan batik, malah kini kaum muda tersebut terlihat bangga menggunakan pakaian dengan motif batik. Ini sungguh sebuah apresiasi yang diluar dugaan sebelumnya.

Dengan demikian diyakini tidak akan hilang dimakan usia atau zaman, karena tidak hanya dari busana, desain batikpun kini merambah dalam kerajinan lainnya seperti tas batik, dompet, sandal dengan motif batik dan lain-lain. Perkembangan model baju batik pun sangat pesat, seiring dengan berkembangnya jaman. Sekrang ini Kawan kapsul bisa lihat, banyak sekali model baju batik yang muncul yang siap untuk digunakan dalam berbagai macam acara baik itu formal maupun nonformal.

Untuk pemilihan model baju batik pun saat ini Kawan Kapsul sudah sangat dimanjakan. Berbagai model, jenis, ukuran, dan warna mudah di cari di pasaran bahkan penjualan batik merambah dunia online (internet). Nah, ketika Kawan Kapsul telah memiliki baju batik kesayangan maka yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara merawat pakaian berbahan batik tersebut. Karena seperti yang kita ketahui pakaian yang berbahan dasar batik, apalagi tradisional yang pembuatannya menggunakan tangan mengharuskan penanganan yang berbeda dari kebanyakan pakaian. Berikut adalah cara perawatan batik agar tetap awet :

Saat mencuci kain atau baju batik tidak usah disikat, cukup di rendam saja dengan air hangat.
Jika kain atau baju batik tidak kotor cukup rendam dan bilas dengan shampoo rambut jangan memakai deterjen karena sabun deterjen sifatnya terlalu keras sehingga dapat mengikis warna pada kain. Atau menggunakan produk khusus yang banyak dijual di toko-toko atau galleri batik.
Hindari menggunakan mesin cuci saat mencuci kain batik, karena akan merusak kain tersebut.
Sebaiknya jangan di peras dan pada saat menjemur kain atau baju batik jangna langsung dibawah terik matahari, cukup dijemur ditempat yang teduh atau dingin. Karena sinar matahari langsung bisa membuat warna kain cepat pudar.
Saat menyetrika kain atau baju jangan disetrika secara langsung. Setrika bagian dalamnya saja atau kalau terlalu kusut, lapisi dulu dengan kain bersih lain sebelum disetrika.
Hindari menyemprotkan kain batik atau baju batik dengan parfum atau pengharum badan secara langsung karena bisa merusak warna pada corak kain atau baju batik.
Simpanlah kain atau baju batik dengan cara digantung dengan rapi.
Tips Pilihan Lainnya: