Tips Mengusir Nyamuk Secara Alami

Nov 04, 2019 | / Tips / Umum |
Rate:
Dilihat 795x
Tentu menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika kita bersantai di rumah namun tiba-tiba nyamuk datang menyerang. Selain kulit menjadi gatal dan iritasi, nyamuk pun dapat menjadi sumber penyakit misalnya nyamuk demam berdarah atau nyamuk malaria.

Sebenarnya ada cara mudah mengusir nyamuk di rumah yaitu dengan menggunakan anti nyamuk yang banyak beredar di pasaran baik yang berbentuk semprot, bakar maupun elektrik. Namun apakah anti nyamuk itu aman bagi kesehatan? Karena seperti kita ketahui anti nyamuk menggunakan bahan-bahan kimia yang bila terus menerus di gunakan dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Nah, untuk menghindarkan dari dampak buruk penggunaan anti nyamuk kimia sebenarnya Kawan Kapsul dapat menggunakan langah yang lebih aman untuk mengusir nyamuk yaitu dengan cara alami. Berikut ini adalah cara alami untuk mengusir nyamuk di rumah:

Untuk mengusir nyamuk Kawan Kapsul harus melakukan kebiasaan baik dengan:

Jangan membiasakan diri menggantung banyak pakaian di gantungan baju. Karena nyamuk senang bersembunyi di antara sela-sela tumpukan kain yang bergelantung di gantungan baju.
Jangan menumpuk barang-barang tidak terpakai. Karena nyamuk juga senang bersembunyi di tempat gelap, lembab, dan di sela-sela barang yang tidak terpakai.
Pasanglah kawat nyamuk pada fentilasi udara agar nyamuk tidak dapat masuk ke dalam rumah. Bila perlu tambahkan pintu teralis yang kemudian dipasang kawat nyamuk. Ini sangat berguna bagi Kawan Kapsul yang sering membuka pintu di malam hari dengan tujuan perputaran udara di dalam rumah tetap lancar.
Bila Kawan Kapsul belum memasang kawat nyamuk, sebaiknya tutup pintu dan jendelah pada sore hari menjelang malam atau sekitar pukul 17.00 sampai pukul 19.00 dan buka kembali pintu dan jendela ketika matahari mulai bersinar.
Menutup penampungan air dan jangan biarkan ada air menggenang di rumah karena kondisi tersebut sangat ideal untuk nyamuk berkembang biak. Jika perlu Kawan Kapsul dapat menaburkan obat abate pada penampungan air untuk mematikan jentik-jentik nyamuk yang hendak berkembang biak di air.

Selain itu ada pula cara alami yang mampu mengusir nyamuk seperti:

Lavender

Khasiat bunga lavender sudah tidak diragukan lagi. Ini terbukti banyak produsen lotion anti nyamuk menambahkan ekstrak lavender dalam produknya. Untuk menggunakan bunga lavender ini sebagai pengusir nyamuk Kawan Kapsul cukup menggosok-gosokan bunga berwarna ungu ini ke bagian kulit agara nyamuk enggan menghinggapi kulit kita.

Zodia

Tanaman berdaun pipih panjang dan memiliki warna hijau kekuningan ini ampuh mengusir nyamuk. Ini dikarenakan dalam tumbuhan tersebut terdapat zat evodiamine dan rutaecarpine yang tidak disukai nyamuk. Aroma tanaman khas papua ini akan mengeluarkan aroma harum saat tertiup angin.

Serai

Selain dimanfaatkan untuk memasak, serai juga ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman berjenis rumput-rumputan ini mengandung zat geraniol dan sitronelal yang tidak disukai nyamuk. Produsen lotion anti nyamuk pun kini memanfaatkan ekstrak serai untuk komposisi dalam produknya.

Geranium

Tumbuhan ini sangat di benci nyamuk karena ketika tertiup angin geranium akan mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Ini disebabkan geranium memilki kandungan geraniol dan sitronelol.

Rosemary

Daun dari tumbuhan rosemary dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Caranya sangat sederhana, Kawan Kapsul cukup menggosok-gosokan daunnya pada kulit, dan aroma dari daun rosemary ini mirip seperti aroma minyak kayu putih.

Daun Sukun

Bila Kawan Kapsul mempunyai pohon sukun di pekarangan rumah manfaatkanlah daunnya untuk mengusir nyamuk. Caranya sangat mudah, Kawan Kapsul cukup meletakan daun sukun di dalam ruangan rumah dan dijamin nyamuk enggan masuk ke dalam rumah.

Jeruk nipis + bunga cengkeh

Cara membuat kedua bahan tersebut agar menjadi pengusir nyamuk adalah dengan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian tancapkan bunga cengkeh pada bagian dalam jeruk nipis. Aroma cengkeh bercampur jeruk nipis dipercaya dapat mengusir nyamuk.
Tips Pilihan Lainnya: