9 Kesalahan yang sering dilakukan orang di kamar mandi!

Feb 12, 2018 | / Tips / Kecantikan |
Rate:
Dilihat 1144x
Kamar mandi seharusnya menjadi ruangan yang berfungsi untuk membersihkan diri sendiri. Meski begitu, kamar mandi selama ini juga dikenal sebagai bagian dari rumah yang paling kotor dan harus diwaspadai, karena bisa menjadi rumah bagi banyak kuman dan bakteri.

Sayangnya, meski sudah mengetahui hal ini, masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam hal kesehatan dan kebersihan di kamar mandi. Kesalahan ini mungkin terlihat sepele dan dilakukan banyak orang. Namun tak disadari, kesalahan tersebut bisa berdampak bagi kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang banyak dilakukan orang ketika berada di kamar mandi, seperti dilansir oleh Huffington Post (28/01).

1. Meletakkan sikat gigi dekat toilet
Jangan kira bahwa bagian yang kotor dari sebuah toilet hanya bagian dalamnya. Ketika Anda menyiram kotoran, ada banyak bakteri dan kuman yang berterbangan dari toilet ke tempat-tempat lain di dekatnya. Untuk itu, jangan sembrono meletakkan sikat gigi Anda di dekat toilet. Setidaknya Anda sikat gigi dan toilet harus berjarak sekitar enam kaki atau 1,8 meter.
Pastikan juga untuk selalu menutup dudukan toilet sebelum menekan tombol flush. AKan sangat baik jika tempat penyimpanan sikat gigi Anda memiliki tutup yang tidak lembap dan menjadi sarang kuman.

2. Menggunakan handuk terlalu sering
Bukan rahasia lagi bahwa bakteri sangat senang dan bebas berkembang biak di tempat yang lembap. Salah satunya adalah handuk Anda. Setiap kali menggunakan handuk, sebaiknya segera keringkan di terik matahari. Ini akan mencegah bakteri berkembang biak. Jika Anda menggunakan handuk yang masih basah atau tak benar-benar kering setelah mandi, kemungkinan besar bakteri dan kuman yang ada di sana akan kembali pada tubuh Anda.
Peneliti menyarankan agar setiap orang menggunakan handuk yang berbeda setiap hari atau menggunakannya bergantian setiap habis mandi. Selain itu, sangat tak disarankan untuk menggunakan handuk secara bergantian dengan orang lain, atau menggunakan handuk untuk bersama.

3. Tak mencuci tangan cukup lama
Mencuci tangan adalah salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri, sekaligus mencegah penyebaran kuman dan infeksi. Namun kebanyakan orang tak mencuci tangan mereka cukup lama. Penelitian dari Michigan State University menunjukkan bahwa 95 persen orang mencuci tangan mereka kurang dari 15 detik. Padahal setidaknya seseorang harus mencuci tangan selama 20 detik. Kebiasaan remeh seperti ini bisa menghindarkan Anda dari banyak penyakit dan infeksi.

4. Kelambu kamar mandi terlalu panjang
Apakah Anda menggunakan kamar mandi dengan penutup seperti kelambu? Jika iya, pastikan kelambu yang digunakan pada kamar mandi Anda tak terlalu panjang dan menyentuh pinggiran bak mandi atau lantai kamar mandi. Kelambu kamar mandi yang terlalu panjang dan lebar akan menjadi tempat yang ideal bagi jamur, kuman, dan lumut untuk tumbuh. Pastikan kelambu kamar mandi tidak terlalu panjang dan menyentuh lantai atau bak mandi.

5. Tak memakai alas kaki di kamar mandi
Berpikir bahwa dudukan toilet adalah tempat paling kotor di kamar mandi? Anda salah. Sebuah penelitian yang diterbitkan di ABC News mengungkap bahwa lantai kamar mandi sebenarnya adalah bagian terkotor dari kamar mandi. Lantai kamar mandi mengandung setidaknya dua juta bakteri per inci. Jadi akan sangat baik jika Anda menggunakan alas kaki ketika berada di kamar mandi dan membersihkan lantai kamar mandi sesering mungkin.
Tips Pilihan Lainnya: