7 Cara Efektif Mengatasi Pikiran Stres

Mar 24, 2018 | / Tips / Kesehatan |
Rate:
Dilihat 878x
Stress adalah dimana pikiran terasa tidak karuan dikarenakan masalah yang dihadapi terlalu berat untuk dipikirkan. Ada banyak contoh yang dapat menyebabkan stres, seperti pekerjaan yang sekian banyak, akan menghadapi ujian nasional, dan masalah lain yang sulit dihadapi sehingga mengakibatkan stres.
Berikut 7 Tips Meredahkan Stres :
1. Dengan Mengolah Nafas
Cobalah untuk duduk tenang disuatu tempat lalu tarik nafas dalam-dalam kemudian keluarkan secara perlahan dan lakukan olah nafas ini 6 kali berturut-turut, dengan cara ini pikiran akan terasa tenang dan nyaman.

2. Lakukan Hal Lain
Biasanya stress diakibatkan karena terlalu banyak masalah yang dipikiran. Maka dari itu lakukanlah hal lain yang bermanfaat agar masalah anda sejenak dapat terlupakan, misalnya: nonton TV , membersihkan rumah, berenang, dll.

3. Liburan
Pilihlah tujuan rekreasi yang memiliki pemandangan sejuk dan nyaman. Dengan berlibur atau berwisata ke suatu tempat yang nyaman dengan keluarga atau orang-orang terdekat, masalah yang anda alami dapat terlupakan sejenak dan stress akan hilang dengan sendirinya.

4. Bicarakanlah Kepada Orang Lain
Ceritakanlah segala masalah dan beban pikiran yang anda pendam kepada orang-orang terdekat seperti ibu, ayah, kakak atau adik atau orang terdekat anda lainnya. Dengan bercerita cara ini, kita akan merasa lega dan lebih baikan dan mungkin mereka dapat memberikan solusi yang lebih baik untuk membantu masalah yang kita hadapi.

5. Pijat-pijat Telinga
Pada telinga terdapat titik-titik refleksi yang bermanfaat merelasasikan pikiran. Memijat telinga akan membantu melepas endorfin ( hormon alami yang bisa mengakibatkan dampak nyaman ) di otak dan membuat kita lebih santai. Pijat telinga anda secara lembut dan perlahan-lahan menggunakan ibu jari dan telunjuk.

6. Mendengar Musik
Dengarkanlah music yang bisa membuat anda merasa tenang. Selain itu musik mempunyai dampak yang luar biasa untuk mengatasi stress dan juga musik jenis classic juga memiliki dampak yang baik untuk otak manusia.

7. Berfikir Positif (Alternatif)
Dalam segala hal usahakan selalu berfikir positif agar tidak mudah terserang stress dan selalu menyemangati diri-sendiri, misalnya : aku pintar, aku pintar, saya pasti bisa dll.
Tips Pilihan Lainnya: