Dapatkan Kulit Sehat dengan Minum Jus Buah dan Sayur

Jun 28, 2014 | / Tips / Kesehatan |
Rate:
Dilihat 4998x
Beberapa waktu lalu saya mengunggah artikel berjudul Menyambut Pagi dengan Jus Buah. Tulisan itu lumayan menarik bagi beberapa sahabat. Dua komentar sahabat saya petikkan di sini. Ida Ratna Isaura mengatakan bahwa “Kalau saya suka jus alpukat Pak, nyari yang banyak vitamin E-nya” Yang lebih berterus terang lagi, sahabat kita, Fatahwibowo. Dia bilang: “… aku merasa kulitku halus dan cerah berkat rajin meminum jus, terutama yang kaya serat, vitamin, dan beta karotin.” Nah, terdorong oleh komentar tersebut dan keinginan untuk berbagi lagi, saya melengkapi artikel seputar jus itu dengan tulisan ini.

Saya yakin, kaum Hawa sangat berkepentingan dengan kondisi kecantikan kulitnya. Itulah sebabnya, berbagai upaya dilakukan untuk bisa menjaga dan merawat kulit agar tetap sehat sepanjang hari. Sssst, tak hanya kaum perempuan, para pria pun pasti peduli dengan kulitnya. Jadi, laki-perempuan, tua-muda, sangat berkepentingan memelihara kulit agar tetap sehat dan bugar.

Kali ini kita akan melihat di mana kaitan antara kulit yang sehat-terawat dengan jus buah dan sayur. Ahli gizi mengatakan, ada beberapa buah dan sayuran yang sangat bermanfaat bagi perawatan kesehatan kulit, di antaranya buah alpukat, bengkuang, apel, jeruk nipis, mangga, kecambah, mentimun, dan seledri. Buah dan sayuran ini memegang peranan penting dalam terapi kecantikan kulit, karena selain mengandung air yang penting untuk melembabkan dan menyegarkan tubuh, juga mengandung bahan-bahan seperti silica pada mentimun serta oleat dan linoleat pada alpukat. Itu kata ahli gizi loh, bukan kata saya.

Lantas, bagaimana cara membut jusnya? Berikut ini ada resep dari ahli gizi, Dra. Emma S. Wirakusumah, M.Sc. Dua dari ratusan resep dari penulis buku Jus Buah dan Sayuran : 148 Resep Jus untuk Menjaga Kesehatan dan kebugaran Anda (2006) ini akan saya catatkan untuk Anda, teristimewa para wanita Indonesia.

1. Jus Alpukat. Bahan-bahannya : alpukat ukuran sedang 1 buah, susu segar 50 ml, moca 1 sdm, air es 100 ml, dan es batu secukupnya. Cara membuatnya: campur semua bahan, lalu blender. Hidangkan dengan es batu.

2. Jus Bengkuang. Bahan-bahannya : bengkuang, dikupas kulitnya sebanyak 100 g, air ¾ gelas, dan es serut secukupnya. Cara membuatnya : campur semua bahan, lalu blender. Hidangkan dingin.

Bagaimana sahabatku? Mau resep lagi? Silakan saja dapatkan resep-resep yang menarik pada buku di atas. Buku best seller itu bisa dijadikan panduan membuat jus yang berguna, karena isinya yang lumayan lengkap. Di dalam buku tersebut dipaparkan juga tentang pola makan sehat, kandungan gizi buah dan sayuran, dan cara membuat jus. Untuk kesehatan, pengetahuan praktis yang disajikan buku ini sungguh luar biasa. Nge-jus yuukk!
Tips Pilihan Lainnya: