Berhenti Merokok Memang Bikin Gemuk

Jul 13, 2014 | / Tips / Kesehatan |
Rate:
Dilihat 2015x
Peningkatan berat badan menjadi salah satu alasan mengapa banyak perokok, khususnya para wanita, takut untuk meninggalkan kebiasaannya merokok. Tak bisa dipungkiri bahwa orang yang berhenti merokok memang sedikit bertambah gemuk, tapi manfaat kesehatan dari menjauhi rokok sebenarnya lebih besar.

Dalam satu tahun berhenti merokok, pada umumnya seseorang bisa naik sekitar 3,6 kilogram sampai 5 kilogram. Peningkatan berat badan yang paling terasa biasanya pada tiga bulan pertama.

Penelitian di Eropa yang dipublikasikan pada 10 Juli dalam jurnal BMJ versi online, menunjukkan, mereka yang berhenti merokok tanpa terapi pengganti nikotin rata-rata naik sekitar satu kilogram sebulan setelah berhenti. Dalam tiga bulan, kenaikannya bisa mencapai 2,9 kilogram.

Kenaikan berat badan tersebut terjadi karena sebagian besar mantan perokok merasa perlu ada sesuatu dalam mulut mereka sebagai pengganti rokok. Selain itu, sedikitnya kadar nikotin dalam tubuh juga menyebabkan perubahan metabolisme.

Padahal, yang perlu diperhatikan adalah tetap merokok jauh lebih buruk bagi kesehatan ketimbang peningkatan beberapa kilogram berat badan.

Jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan dan pada saat yang sama ingin berhenti merokok, maka usaha yang perlu dilakukan lebih berat. Karena itu disarankan untuk melakukan upaya berhenti merokok terlebih dahulu, baru kemudian menerapkan strategi menurunkan berat badan.

Saat Anda sedang berupaya berhenti merokok, fokuslah pada asupan makanan sehat dan lebih aktif berolahraga.
Tips Pilihan Lainnya: