Tips Merawat Mata

Oct 24, 2019 | / Tips / Kecantikan |
Rate:
Dilihat 1074x
Jika Anda termasuk orang yang bekerja didepan komputer sepanjang hari, pastinya akan terkena radiasi yang dipancarkan monitor sehingga mata anda menjadi terasa perih. Banyak para ahli menciptakan peralatan komputer yang ramah dengan lingkungan agar kesehatan mata tetap terjaga.

Radiasi dari monitor computer dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia. Gejala mata yang tidak sehat karena terkena radiasi computer adalah kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu.

Berikut ini tips merawat mata dari radiasi komputer :
1. Pakai pelindung layar komputer (filter) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.
2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).
3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.
4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher.
5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata.
Brightness yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata.
6. Istirahatkan mata sejenak. Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata Anda.
7. Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata menjadi kering.
Jarang mengedipkan mata akan membuat mata menjadi kering.
8. Pakailah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer.
9. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik.
10. Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata Anda benar-benar sehat.

Ada beberapa tips merawat mata secara berkala antara lain:

1. Periksa mata secara teratur 6 bulan sekali, terutama bagi mereka yang berusia 40 tahun ke atas; waspada bila mata mendadak merah, kepala pusing, dan perut mual, atau melihat pelangi; dan segeralah pergi ke dokter.

2. Meminimalisasi faktor risiko. Cobalah senantiasa hidup sehat dengan berolahraga dan jangan membaca di tempat gelap atau sambil tidur. Beberapa ahli glaukoma mengatakan, olahraga seperti aerobik bagus untuk menurunkan TIO dan memperlancar sirkulasi darah ke retina dan saraf optik.

3. Penggunaan sunglass atau kacamata dengan lensa berwarna bisa membantu mengurangi efek silau. Lensa berwarna kuning, amber (kuning sawo), atau cokelat adalah pilihan terbaik untuk menangkal sinar dari lampu yang berpijar. Di siang hari yang terik, gunakan kacamata dengan lensa berwarna cokelat.
Tips Pilihan Lainnya: