Bagaimana Cara Merawat Rambut Rusak Akibat Rebonding?

Dec 05, 2017 | / Tips / Kecantikan |
Rate:
Dilihat 1055x
Apa boleh buat, cara merawat rambut rusak akibat rebonding perlu diketahui para pelaku pelurus rambut. Bagaimana tidak, rambut super lurus kini banyak diinginkan kaum wanita. Namun, setelah berkali-kali menjalani proses rebonding, rambut malah rusak, sehingga tampilannya jadi kering, kusam, dan kasar.

Pemakaian Kondisioner

Pada prinsipnya, rebonding merupakan proses pemutusan ikatan disulfida antar asam amino sistin pada keratin rambut. Untuk kepentingan itu, diperlukan bahan kimia yang dapat memutuskan ikatan disulfida yang sifatnya sangat kuat itu. Maka, sebelum memutuskan melakukan rebonding, pastikan terlebih dahulu produknya bebas bahan kimia berbahaya seperti amonia. Karena amonia inilah yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan akhirnya mengembang, kusam atau patah-patah.

Cara paling praktis untuk merawat rambut rusak akibat rebonding adalah dengan menggunakan kondisioner bervitamin dari tengah helai rambut sampai ke ujungnya hindari pemakaian dari akar setelah keramas dengan shampo. Kondisioner berfungsi menutrisi rambut serta melapisi kutikula yang dapat menetralisir kerusakan.

Jika kerusakan pada rambut tergolong akut, gunakan masker seminggu sekali. Pilihlah masker rambut yang mengandung bahan fiber actives dan vita protein yang dapat bekerja dalam 3 cara, yakni melapisi, menutrisi, dan memberikan protein. Gunakan sisir yang bergigi jarang agar mudah merapikan rambut.

Perawatan Tambahan Hair Spa

Sebagai perawatan tambahan, proses rebonding sebaiknya diikuti tindakan hair spa secara rutin, sesuai kebutuhan. Umumnya, spa boleh dilakukan tiga hari sesudah di-rebonding. Konsultasikanlah frekuensi hair spa dengan ahli kecantikan Anda, karena hal ini harus disesuaikan dengan kondisi rambut Anda.

Manfaat hair spa adalah melembutkan sekaligus membuat rambut rileks. Hair Spa juga bisa membuat kondisi rambut sehat kembali. Namun perlu diingat bahwa hair spa tidak dianjurkan pada rambut yang tipis dan lepek. Hair spa juga bukan menumbuhkan rambut rontok, melainkan untuk memulihkan kesehatan fisik rambut, terutama pascapelurusan, pengeritingan, atau pengecatan. Bagi rambut rontok, aplikasi tonik dan masker rambut tetaplah merupakan solusi terbaik.
Tips Pilihan Lainnya: