Tips Obat Batuk Bayi yang sehat dan Alami

Feb 05, 2018 | / Tips / Kesehatan |
Rate:
Dilihat 1038x
Tips obat batuk bayi yang sehat dan alami, batuk pada bayi tentu akan membuat para orang tua sangat khawatir. Untuk itu melalui artikel ini saya ingin berbagi informasi mengenai obat batuk bayi yang sehat dan alami. Semoga dengan mengetahui informasi ini dapat membuat para orang tua menjadi lebih tenang.

Penyebab batuk pada bayi sendiri biasanya disebabkan oleh bakteri dan virus. Hal ini sendiri biasanya terjadi karena tertular dari orang-orang yang berinteraksi dengan bayi anda. Oleh arena itu jika anda sedang mengalami batuk, sebaiknya anda mengurangi interaksi dengan bayi anda untuk mencegah penularan. Selain itu hindarkan juga bayi anda dari orang-orang sekitar yang sedang mengalami batuk.

Batuk pada bayi harus ditangani dengan hati-hati. Pemberian obat batuk yang berbahan kimia pada bayi tidak boleh lakukan. Karena akan berakibat buruk pada bayi anda. Untuk itu anda bisa menggunakan obat batuk yang berbahan alami. Baiklah langsung saja silahkan coba obat batuk bayi yang sehat dan alami berikut ini

Obat batuk bayi

Obat batuk bayi yang sehat dan alami
Picture by Google
1. Madu
Madu dikenal memiliki manfaat dan salah satunya adalah sebagai obat batuk pada bayi. Untuk mengobati batuk pada bayi menggunakan madu bisa anda campur dengan jeruk nipis. Tapi pemberian madu pada bayi sebaiknya untuk bayi yang sudah berumur di atas dua tahun.

2. ASI
ASI atau air susu ibu merupakan salah satu obat batuk pada bayi. Hal ini dikarenakan ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi anda. Semakin baik kualitas gizi ASI anda maka semakin baik pula daya tahan tubuh bayi anda. Jika bayi anda sudah tidak mengkonsumsi ASI lagi maka bisa anda lakukan dengan memberikan air putih dengan jumlah yang banyak.

3. Sinar Matahari
Sinar matahari juga bisa anda manfaatkan sebagai obat batuk pada bayi. Caranya cukup jemurkan bayi anda di bawah sinar matahari langsung selama 15-30 menit antara jam 6.00 - 6.30 (lindungi mata bayi dari sinar matahari). Hal ini bertujuan untuk menghangatkan badan bayi. Selain itu, menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi dapat menguatkan tulang bayi anda.

4. Tinggikan Posisi Kepala
Saat menidurkan bayi anda, sebaiknya posisikan kepalanya lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bernafas bagi bayi anda.

5. Kompres
Jika bayi anda mengalami batuk dan disertai panas tinggi maka sebaiknya anda mengompres bayi anda. Bahan yang bisa anda gunakan adalah jeruk nipis atau daun sirih. Caranya cukup keluaran bulir-bulir jeruk nipis kemudian masukkan ke dalam air hangat. Usapkan air jeruk nipis tersebut ke seluruh kepala bayi anda. Jika anda menggunakan daun sirih, maka lumatlah sirihnya kemudian campur air hangat dan usapkan ke kepala bayi anda.

Nah sobat sekalian, itulah informasi mengenai obat batuk bayi. Semoga informasi mengenai tips obat batuk bayi yang sehat dan alami di atas bisa bermanfaat bagi anda semua. Selain itu baca juga artikel lain mengenai obat batuk anak yang alami. Terima kasih atas kunjungan anda.
Tips Pilihan Lainnya: