6 Makanan ini ampuh bersihkan sistem pencernaan!

Feb 18, 2018 | / Tips / Kesehatan |
Rate:
Dilihat 928x
1. Makanan kaya serat
Makanan yang kaya serat seperti oatmeal, kubis, jeruk, buah berry, dan lainnya sangat baik untuk membersihkan sistem pencernaan. Baik serat larut atau serat tak larut yang melewati sistem pencernaan bisa membantu mengeluarkan sisa makanan yang ada dalam usus atau lambung. Dengan begitu, makanan ini bisa membantu Anda membersihkan sistem pencernaan.

2. Jus sayur dan buah
Satu hari dalam satu minggu atau satu bulan, Anda butuh mengonsumsi jus buah dan sayuran. Anda bisa mencampurkan buah dan sayur dan memilih buah atau sayur yang paling Anda sukai. Pada hari tersebut usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan padat. Hal ini penting untuk mengosongkan perut dan membuat jus serta air lebih mudah membersihkan semua kotoran yang ada dalam sistem pencernaan Anda. Jus buah dan sayur ini juga bisa mengeluarkan zat racun dalam tubuh.

3. Jahe dan bawang putih
Jus jahe dan bawang putih adalah salah satu minuman ideal untuk membersihkan sistem pencernaan. Jika Anda mengalami konstipasi, ini adalah cara terbaik untuk menyembuhkannya. Anda bisa menambahkan sedikit gula pada jus jahe dan bawang putih agar tidak terlalu pahit.

4. Kopi
Mengonsumsi kopi baik untuk membersihkan sistem pencernaan Anda. Namun ini tak selalu berhasil untuk semua orang. Minum beberapa cangkir kopi sehari tanpa susu atau gula akan membantu perut tetap bersih. Tetapi jika Anda memiliki masalah dengan kopi, seperti maag, sebaiknya jangan gunakan kopi untuk membersihkan sistem pencernaan. Gunakan cara lain yang tak berkemungkinan mengganggu kesehatan Anda.

5. Sayuran mentah
Mengonsumsi sayuran mentah tanpa memasaknya, serta tanpa tambahan bumbu apapun, juga merupakan salah cara terbaik untuk membersihkan perut. Memasak sayuran bisa menghancurkan enzim pada sayuran yang membantu proses pencernaan makanan. Jika Anda ingin membersihkan saluran pencernaan, cara terbaik mengonsumsi sayuran adalah mentah-mentah.

6. Air putih
Air putih juga sangat baik untuk membersihkan tubuh dan saluran pencernaan. Dalam satu atau dua hari sebulan, jangan konsumsi makanan apapun dan hanya konsumsi air putih saja. Ini akan membantu mengeluarkan semua racun dalam perut dan sistem pencernaan. Selain air, Anda juga bisa menggunakan makanan kaya probiotik seperti yogurt untuk membersihkan perut. Bakteri hidup yang ada di dalamnya akan membantu menyehatkan pencernaan sekaligus membersihkan sistem pencernaan dari racun.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu Anda membersihkan saluran pencernaan. Membersihkan saluran pencernaan sangat penting dilakukan secara rutin agar sistem pencernaan selalu bersih, sehat, dan bisa bekerja dengan efektif.
Tips Pilihan Lainnya: