Mengatasi Rambut Bercabang

Oct 23, 2019 | / Tips / Kecantikan |
Rate:
Dilihat 1057x
Memiliki rambut indah adalah idaman setiap wanita. Tapi pada kenyataannya, banyak wanita yang memiliki masalah rambut bercabang. Rambut bercabang menggambarkan rambut yang rusak, kering, dan kurang nutrisi. Rambut yang rusak dan bercabang dapat disebabkan karena sering menggunakan bahan kimiawi yang kita berikan pada rambut, seperti mengeringkan rambut dengan Hair Drying (pengeringan rambut), Re-bonding (pelurusan rambut), Curly (pengeritingan rambut), atau Colouring (pewarnaan rambut) yang akan menghilangkan kelembaban alami pada rambut, sehingga membuat rambut menjadi kering dan bercabang.

Ciri-ciri rambut yang bercabang yaitu:di ujung rambut terbelah-belah,dan juga cenderung lebih kasar,kaku,dan sukar ditata.

Bagaimanakah cara mengatasi rambut bercabang..? Selain menggunakan produk yang berkualitas baik untuk rambut,di butuhkan juga perawatan khusus yang mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak pohon bambu yang dapat mengembalikan kesehatan dan kekuatan batang rambut,sekaligus menambah nutrisi pada rambut.

Rambut yang bercabang juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi. Kalau rambut kita sudah bercabang, rasanya sirna sudah harapan kita untuk memiliki rambut yang indah dan sehat. Simak bagaimana mengatasi rambut bercabang, ini beberapa tips merawat rambut sehat :

1. Pilih shampo sesuai jenis rambut dan kulit kepala – Dalam proses mengembalikan kesehatan rambut, diperlukan ketelatenan dan kedisiplinan. Seperti dalam hal mencuci rambut, kita harus rajin mencuci rambut 2 – 3 hari sekali. Dan yang paling penting, pilihlah shampoo yang dibuat khusus untuk rambut rusak, karena mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengembalikan kelembaban rambut kita. Lakukan pijatan-pijatan ringan saat mencuci rambut. Pijatan tersebut berfungsi untuk merangsang penyebaran minyak alami pada rambut, serta melancarkan peredaran darah di kepala.

2. Lakukan perawatan conditioner atau crem – Kalau dalam keadaan rambut yang sehat, conditioner dibutuhkan untuk membuat rambut lebih halus. Sementara untuk rambut rusak, conditioner akan membantu mengembalikan kelembaban rambut, sehingga rambut akan kembali sehat dan tidak rapuh.

Gunakan conditioner setiap 3 hari sekali, atau setiap habis keramas, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk sentuhan akhir, usapkan vitamin rambut khusus untuk rambut rusak pada ujung rambut kamu yang kering setelah keramas. Gunakan conditioner hingga ujung rambut. Biarkan beberapa waktu sebelum rambut dibilas.

3. Penyisiran rambut – Menyisir rambut bukan hanya berfungsi untuk merapikan rambut saja, tapi juga dapat membantu penyebaran minyak alami rambut hingga ke ujung rambutmu, sehingga rambut akan lembab hingga ke ujung dan tidak bercabang. Karena itulah pemilihan sisir yang kita gunakan sangat penting. Pilihlah sisir yang baik dan jangan pernah menyisir rambut dengan sisir yang sudah “ompong” alias gigi-giginya sudah tidak rata/utuh. Sisir yang memiliki bantalan di ujungnya akan lebih membantu merangsang penyebaran minyak alami rambut.

4. Memotong rambut secara rutin (trim rambut) – Memotong rambut (khususnya di bagian ujung-ujungnya) secara rutin baik untuk menghilangkan rambut-rambut yang bercabang. Cara ini memang tidak begitu disukai orang, apalagi yang sedang ingin memanjangkan rambut. Namun, cara ini memang disarankan oleh para pakar rambut. Rambut yang sudah rusak dan bercabang, jika dibiarkan akan semakin panjang kerusakannya, dan kalau sudah begitu, rambut kita tidak bisa tumbuh panjang secara dengan baik dan indah. Karena itulah dibutuhkan pemotongan (trim) rambut secara rutin setiap 3 bulan sekali di salon. Untuk tetap menjaga panjang rambut, cukup kurangi ujung-ujung rambut yang sudah bercabang dengan model layer. Selain itu, kamu juga bisa menggunting sendiri ujung rambut yang kamu lihat bercabang.

5. Perawatan Hair Spa – Perawatan rambut sangat diperlukan untuk membantu memulihkan kondisi rambut kamu yang rusak. Untuk kasus ini, perawatan yang disarankan adalah perawatan Hair Spa yang memiliki kandungan yang sangat baik untuk memulihkan kondisi rambut yang kering dan bercabang. Selain itu, pijatan yang dilakukan saat hair spa sangat bagus untuk merangsang produksi minyak alami rambut dan menyebarkannya hingga ke ujung rambut. Perawatan Hair Spa sebaiknya dilakukan secara rutin 1 bulan sekali. Dengan perawatan rutin, rambutmu dapat kembali sehat.

6. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi – Protein merupakan nutrisi yang amat penting bagi rambut. Karena bahan dasar rambut adalah protein yang disebut keratin. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan berprotein tinggi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut.

7. Menggunakan sisir bergigi jarang – Ketika menyisir rambut dalam keadaan basah atau lembab, ada baiknya tidak menggunakan sisir bergigi rapat, tapi menggunakan sisir bergigi jarang.

8. Jangan menggunakan air hangat terlalu sering saat mencuci rambut – Hindari terlalu sering mencuci rambut dengan menggunakan air hangat.. Mencuci rambut dengan menggunakan air hangat dapat menyebabkan hilangnya kelembapan pada rambut.

9. Hindari penggunaan hairdryer – Agar masalah rambut bercabang tidak semakin parah, hindari penggunaan hairdyer atau alat pengering rambut. Hindari juga alat perawatan rambut yang menyebabkan panas pada saat digunakan.

Bagi wanita berjilbab, hal ini bukanlah masalah. Dengan jilbab, mereka dapat melindungi rambut agar terhinar dari debu.

Itulah cara mengatasi rambut bercabang. Rambut bercabang merupakan tanda rambut tidak sehat. Dengan mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh rambut dapat membuat rambut sehat.
Tips Pilihan Lainnya: