Tips Agar Tidak Kram Ketika Haid

Nov 22, 2017 | / Tips / Kesehatan |
Rate:
Dilihat 1091x
Waktu haid biasanya identik dengan rasa sakit akibat nyeri di perut, namun bagaimanapun rasa nyeri itu harus segera ditangani. Kondisi ini memang memaksa wanita untuk lebih bersabar dalam mengatasi rasa nyeri tersebut.

Sebenarnya nyeri dan kram saat haid itu normal terjadi. Tetapi kalau dibiarkan terus menerus menjajah Anda sendiri yang merasa rugi. Apalagi jika besok adalah hari penting bagi Anda, rasanya jadi tidak tenang apabila kram ini mengganggu.

Nyeri dan kram saat haid secara medis dipengaruhi oleh beragam faktor. Yang paling umum adalah ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh wanita. Ketika jumlah hormon estrogen lebih banyak, maka nyeri ini yang akan mengganggu seluruh hari Anda.

Cara apa yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi nyeri dan kram saat menstruasi ini?

Minum obat anti nyeri haid

Cara yang paling instant dan mudah adalah mengonsumsi obat anti nyeri haid. Beberapa merk di pasaran dijual bebas dan boleh dikonsumsi saat nyeri atau kram benar-benar mengganggu kegiatan Anda.

Dalam beberapa waktu, obat ini akan bereaksi dan meredakan nyerinya seketika, sehingga Anda bisa bebas beraktivitas seperti tak terjadi apa-apa.

Batasi kafein

Lebih baik hindari dulu minuman atau makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh ataupun minuman soda. Kandungan kafein membuat kram pada perut terasa semakin hebat.

Minum air putih

Cukupilah kebutuhan minum air putih agar liver bekerja dengan baik. Kerja liver ini akan mempengaruhi jumlah estrogen agar tetap seimbang.

Kompres dengan air hangat

Pastikan bila sakitnya sangat mengganggu, kompres saja dengan air hangat sehingga nyerinya bisa diringankan. Air hangat akan merelakskan otot-otot pada perut sehingga sakitnya lebih ringan.

Asupan serat

Perbanyak menu makanan berserat sehingga hormon di dalam tubuh jadi seimbang jumlahnya. Serat ini bisa Anda peroleh melalui sayur-sayuran dan buah-buahan hijau.

Berolahraga

Cara yang bisa mencegah sekaligus mengobati nyeri dan kram saat haid adalah dengan berolahraga. Olahraga akan membuat metabolisme menjadi lebih baik, hormon-hormon di dalam tubuh jadi lebih seimbang. Selain itu, olahraga juga membuat berat badan Anda tetap terjaga ideal.
Tips Pilihan Lainnya: