Tips Jaga Kondisi Saat Begadang EURO

Jan 29, 2018 | / Tips / Kesehatan |
Rate:
Dilihat 1105x
Ajang Piala Eropa atau Euro 2012 membuat pecinta sepak bola harus rela begadang hingga pagi hari untuk menyaksikan tim kesayangannya. Selama sebulan, lembur nonton bola tidak bisa dihindari. Selain perlu menjaga stamina, asupan makanan dan minuman harus tetap diperhatikan agar kondisi tubuh tetap terjaga.
Konsultan Gizi Jogja, Sita Utami mengatakan, stamina atau energi paling baik yakni kadar gula karena dalam satu gram gula mengandung empat kalori. Sementara, idealnya orang dewasa Indonesia memerlukan asupan kalori sebanyak 2.100 kalori selama 24 jam. "Prinsipnya, kalau begadang butuh tambahan asupan vitamin," katanya, kemarin (11/6).
Asupan vitamin yang baik, katanya berasal dari buah-buahan segar dan sayuran. Buah-buahan bisa dikonsumsi dengan cara di jus atau dimakan langsung selagi segar. Konsumsi buah dan sayur itu diharapkan tidak dibarengi dengan tambahan porsi makanan berat seperti nasi.
Menurut Sita, untuk menjaga stamina dalam masa begadang yang panjang atau setiap hari, maka gizi dalam asupan harus lengkap sesuai kebutuhan tubuh. "Asupan gizinya harus lengkap, dari protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Vitamin bagus sebagai antioksidan," ujar dia.
Saat begadang biasanya pecinta bola selalu menyediakan camilan maupun minuman ringan. Meski dibilang tubuh butuh karbohidrat tetapi asupan karbohidrat saat begadang juga harus disesuaikan.
Dikatakannya, porsi makanan berat perlu diperhatikan saat menemani begadang. Makan nasi atau roti tetap diperbolehkan. "Saat makan menjelang begadang tidak terlalu banyak, jadi setengah porsinya bisa saja dimakan saat begadang. Disarankan asupannya bukan karbohidrat tinggi seperti nasi dan roti," urainya.
Camilan
Menambah semarak saat begadang, camilan menjadi teman yang pas. Tetapi, kurun waktu satu bulan begadang perlu memilih camilan sehat seperti memilih makanan yang tidak digoreng. Makanan gorengan mengandung lemak tak jenuh yang tidak baik untuk tubuh. "Kalau bisa siapkan saja makanan rebus, bisa jadi camilan tetapi mengenyangkan," kata Sita.
Soal pilihan minuman, kopi menjadi andalam untuk melek malam. Dari segi kandungan kafein, kopi mampu merangsang mata untuk tidak cepat terkantuk, tetapi kopi tidak bisa menambah energi. Di sisi lain, soft drink banyak mengandung gula tetapi juga tidak menambah stamina. Minuman yang pas yakni air putih atau teh. Dan camilan sehat buah dan kue atau makanan kecil rendah gula
Tips Pilihan Lainnya: