Tips Menghentikan Luka Akibat Teriris Pisau Dengan Bahan Herbal

Mar 27, 2018 | / Tips / Kesehatan |
Rate:
Dilihat 1298x
1.) Cabe Rawit

Ternyata cabe rawit, selain digunakan untuk sambel juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka yang teriris pisau. Selain pedas, cabe juga memiliki zat capsaicin yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit. Caranya, cabe tersebut dijemur hingga kering dan selanjutnya ditumbuk. Taburkan bubuk cabe tersebut ke luka yang teriris pisau. Tapi, sekali lagi jangan dibayangkan kalau itu merupakan cabe yang pedas. Memang rasanya akan panas. Namun, tak lama kemudian akan segera kering karena akan menghentikan pendarahan dan mengurangi rasa nyeri.

Sebenarnya ada manfaat lain dari cabe. Ada salah satu produk balsem yang menggunakan cabe sebagai bahan bakunya karena cabe sendiri memberikan rasa hangat dengan sifatnya yang panas. Manfaat lain yaitu untuk menurunkan demam. Tapi kali ini bukan cabenya, melainkan daunnya.

2.) Teh atau Kopi

Cukup dengan mengambil satu sendok kopi atau teh lalu balurkan pada bagian yang luka.Luka akan segera sembuh dan akan merapat kembali bagian yang tersayat.

3.) Batang Daun Alang-Alang

Alang-alang atau yang biasa dikenal dengan ilalang dicuci dan ditumbuk hingga halus. Kemudian tempelkan pada bagian yang luka, dan balut dengan kain.

4.) Madu

Madu memang terkenal memiliki banyak khasiat. Mulai dari segi kecantikan yang memanfaatkannya sebagai masker hingga kesehatan untuk daya tahan tubuh. Manfaat lain yaitu untuk mengobati luka yang teriris pisau. Caranya, dengan mengoleskannya pada bagian luka. Memang perih sekali, tapi beberapa hari kemudian luka akan segera kering hingga tak menimbulkan bekas.
Tips Pilihan Lainnya: