Butuh Berapa Porsi Buah?

Nov 13, 2017 | / Tips / Kesehatan |
Rate:
Dilihat 1069x
Menurut data Badan Pusat Statsitik (BPS) pada 2004, jumlah konsumsi buah oleh masyarakat di negara berkembang, seperti Indonesia, hanya 40% atau sekitar 1-2 buah per hari setiap orang.

Jumlah itu jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan konsumsi buah masyarakat di negara maju, seperti Amerika dan Kanada, yang mencapai 60% atau 3-5 porsi buah per hari setiap orang.

Fakta lainnya, ternyata 6 dari 10 orang Indonesia tidak mengonsumsi asupan buah yang cukup. Padahal pengetahuan tentang manfaat sehat dari buah sudah cukup tinggi. "Asupan buah yang cukup untuk tubuh adalah 7-15 porsi per hari," kata Emilia E. Achmadi MS., RD, pakar nutrisi.

Beberapa hal yang menjadi alasan kurangnya mengonsumsi buah antara lain karena kesibukan, malas dan tidak menyukainya. “Sebenarnya alasan itu bisa diakali jika mau,” kata Emilia. “Malas mengonsumsi buah, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi sari atau nutrisi buah yang banyak tersedia dalam produk kemasan siap saji.”

Tetapi, kata Emilia, perlu diperhatikan juga ketika mengonsumsi sari buah dalam produk kemasan. “Beberapa produk memiliki kandungan kalori atau gula yang tinggi,” jelas Emilia. Sementara itu, batas konsumsi gula per hari yang baik bagi kesehatan adalah antara 25 sampai 38 gram. “Jadi lebih teliti lagi untuk melihat kandungan sari buah yang terdapat pada label di kemasan produk,” saran Emilia.

Apa manfaat sehat yang bisa didapat tubuh dari buah? Sangat banyak. Anda bisa mendapatkan kebutuhan serat, vitamin, mineral dan kandungan gizi lain. Jadi jangan ragu untuk terus mengonsumsi buah setiap hari.
Tips Pilihan Lainnya: