Manfaat Tempe Kedelai Bagi Kesehatan

Jan 19, 2018 | / Tips / Kesehatan |
Rate:
Dilihat 1011x
Tips Manfaat Tempe Kedelai Bagi Kesehatan, Tempe kedelai merupakan salah satu pangan olahan dari kedelai, namun terkadang kita tidak mengetahui informasi mengenai manfaatnya. Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi mengenai berbagai macam manfaat tempe kedelai sehingga dengan mengetahui informasi ini kita jadi lebih banyak memiliki pilihan untuk mengkonsumsi makanan yang menyehatkan.

Tempe kedelai berbahan baku kedelai. Untuk menjadi tempe, kedelai harus difermentasi terlebih dahulu dengan jamur rhizopus. Sebelum anda mengetahui informasi manfaat tempe kedelai, ada baiknya anda mengetahui dahulu informasi mengenai kandungan gizi dan manfaat kedelai yang merupakan bahan baku dari tempe. Silahkan anda baca artikel saya yang berjudul manfaat kedelai.

Selama ini kita hanya mengetahui tempe sebagai makanan tradisional dan sederhana. Tanpa kita sadari ternyata dari makanan yang sederhana tersebut sebenarnya memiliki sejuta manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Nah agar anda lebih mengetahui apa saja manfaatnya, silahkan anda baca beberapa informasi mengenai manfaat tempe kedelai bagi kesehatan berikut ini.

Manfaat Tempe Kedelai
Manfaat Tempe Bagi Kesehatan
Picture by Google

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Pada tempe kedelai terdapat antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini sangat berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga kita pun dapat bertahan dari berbagai serangan penyakit.

2. Mengatasi Anemia
Tempe kedelai mengandung berbagai macam mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita diantaranya adalah seng, zat besi, tembaga, vitamin B12 dan asam folat. Berbagai mineral tersebut sangat berperan dalam meningkatkan hemoglobin dalam darah sehingga hal ini dapat mengatasi gangguan anemia.

3. Dapat Mengobati Sakit Disentri
Dengan rajin mengkonsumsi tempe kedelai anda dapat mengobati sakit disentri. Hal ini dikarenakan jamur rhizopus pada tempe kedelai dapat membantu memproduksi zat antibiotik yang dapat melawan organisme merugikan yang terbawa masuk kedalam tubuh bersamaan dengan makanan yang kita makan.

4. Bagus Untuk Penderita Diabetes
Tempe kedelai juga baik dan aman jika dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan tempe kedelai mengandung protein nabati yang turut serta berperan dalam menjaga kadar gula dalam darah agar tetap normal.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Tempe kedelai juga sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan tempe telah difermentasi dengan jamur rhizopus menyebabkan kedelai pada tempe kedelai memiliki tekstur yang lembut sehingga muda dicerna oleh sistem pencernaan pada tubuh.

6. Mencegah Kanker
Tempe kedelai juga bermanfaat untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan serat yang terdapat pada tempe kedelai dapat mengikat racun dan kolesterol penyebab kanker serta membuangnya dari tubuh sehingga racun-racun yang sudah terikat tidak akan merusak sel-sel di dalam tubuh.

7. Menyehatkan Jantung
Tempe juga dapat berperan menyehatkan jantung. Hal ini dikarenakan tempe kedelai mengandung protein nabati yang dapat menaikkan kadar kolesterol baik serta menurunkan kolesterol jahat penyebab tersumbatnya pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya stroke dan serangan jantung.
Tips Pilihan Lainnya: